Sunday, November 29, 2015

Pengertian Ala Carte dan Table D'hote

halo sobat setiaku !! yuk mari kita bahas apasih pengertian ala carte dan table d'hote menu,yuk simak pengertianya.sumber sumbernya tertera yaa








Pengertian Menu


Menurut Kinton dan Caserani (dikutip oleh Sudiara, 2000:1) disebutkan bahwa : “Menu or a bill of fare is a list of prepared and presentation should attract customer and represent value for money”,dalam terjemahannya berarti, menu adalah sebuah daftar makanan yang telah dilengkapi dengan harga masing-masing, yang disediakan dan ditampilkan untuk menarik pelanggan serta memberikan nilai terhadap sejumlah uang terhadap makanan yang ditawarkan.
Menurut Endar Sugiarto dan Sulartiningrum (2001 : 106) menyatakan bahwa : “Menu adalah daftar makanan yang telah dipersiapkan yang tersedia di dalam restoran tersebut”
Menurut Putra Suarthana (2002 : 74) menyatakan bahwa :
“Menu adalah daftar makanan yang tersedia untuk pelanggan”
Pada dasarnya makanan / hidangan yang tersedia haruslah disusun berdasarkan “Menu Skeleton” (kerangka menu) sebagai berikut :
1. Appetizer (Hidangan Pembuka)
2. Soup (Sop), (masih termasuk hidangan pembuka)
3. Main Course (Hidangan Pokok)
4. Dessert (Hidangan Penutup)
Melalui beberapa pengertian diatas tersebut, dapat disimpulkan bahwa menu adalah sebuah susunan daftar makanan yang telah tersedia dan siap untuk dihidangkan mulai dari appetizer ( makanan pembuka) sampai dessert (makanan penutup).

  • Menu A’la Carte :Adalah suatu susunan menu, di mana setiap makanan yang dicantumkan pada daftar makanan tersebut disertai dengan harga tersendiri.
A’la Carte Menu mempunyai karakter / ciri – ciri sebagai berikut :
  1. A’la Carte Menu mencantumkan daftar makanan selengkapnya yang dapat disediakan oleh restoran tersebut.
  2. A’la Carte Menu memberi peluang yang cukup luas pada pelanggan untuk memilih makanan yang sesuai dengan selera mereka.
  3. Masing – masing makanan diberikan harga secara terpisah dan tersendiri. Beban harga yang harus dibayar sesuai dengan harga makanan yang dipesan.
  4. Makanan akan dimasak bila dipesan, sehingga setiap pesanan memerlukan jangka waktu tertentu untuk menunggu hingga makanan tersebut siap untuk dihidangkan.
CONTOH DAFTAR MENU TABLE D'HOTE


CONTOH MENU TABLE D'HOTE

  •            Table d’hote Menu :  Adalah suatu susunan hidangan lengkap ( complete meal ) dengan suatu harga yang pasti.  Jumlah hidangan biasanya terbatas dan terdiri dari beberapa kelompok hidangan  (courses ). Untuk tetap menjaga kepuasan tamu, maka hotel biasanya mencantumkan beberapa makanan untuk masing – masing kelompok. Tamu dapat memilih satu makanan diantara kelompok tersebut, misalnya : pada kelompok pembuka ( appetizer ) tercantum 3 makanan, pada kelompok sop ( soup ) tercantum 3 jenis sop dan demikian juga pada kelompok yang lain.


CONTOH MENU ALA CARTE


Contoh Menu Ala Carte



Search tag : contoh menu ala carte,contoh menu table d'hote,pengertian ala carte,pengertian table d'hote,contoh menu,daftar menu,contoh menu ala carte dan table d'hote,contoh daftar menu

Kegunaan menu yang disajikan di restoran 

1. Menu dapat menetapkan bahan makan yang akan dibeli; 
2. Menu mengatur gizi yang terkandung di dalam hidangan yang disajikan; 
3. Menu mempengaruhi peralatan, fasilitas penataan dan dekorasi ruangan yang dibutuhkan; 
4. Menu sebagai pedoman prosedur cost control 
5. Menu mengatur kebutuhan untuk pelayanan.

Faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan menu

1. Penampilan Umum 
Penampilan umum sebuah menu diusahakan dapat menimbulkan kesan kepribadian yang dapat mencerminkan secara khusus jenis restoran yang bersangkutan.

 Ada beberapa komponen dari penampilan yang memengaruhi menu, antara lain:

  • Kertas menu yang bersih, sebaknya digunakan kertas yang tebal dan diberi laminating sehingga tidak mudah kotor. 
  • Bentuk, ukuran, dan warna huruf, serta tulisan yang digunakan harus mudah dibaca oleh tamu, namun tetap mengindahkan kesesuaian dengan ukuran kertas menu. 
  • Desain menu yang dapat mengikuti kecenderungan kebiasaan makan yang berlaku saat ini.
  • Menu harus berisi hidangan yang tersedia ataupun menu khusus yang disertai harganya.

2. Isi Menu 
Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan, yang berkaitan dengan isi menu makanan dan minuman, seperti diuraikan berikut ini. 

  • Bahasa, di dalam membuat daftar menu, bahasa yang dipakai dapat menunjang pelayanan yang diberikan. Jika ingin menggunakan bahasa asing, maka bahasa terjemahan, misalnya bahasa Indonesia, sebaiknya dicantumkan. Hal ini untuk memudahkan tamu menentukan pilihan menunya.
  • Ketepatan, kesesuaian antara menu yang tertulis dengan kenyataan menu yang disajikan.

  • Penetapan harga, penetapan harga yang sangat penting untuk mencapai tujuan penjualan, penetapan harga harus dapat menutupi seluruh komponen biaya produksi, namun juga mempertimbangkan pangsa pasar dan pesaing. Artinya, harga menu harus bisa dikatakan harga yang kompetitif

Macam macam susunan menu

  • Susunan menu klasik
Cold appetizer 
2. Soup 
3. Hot appetizer 
4. Fish 
5. Main course 
6. Hot entree 
7. Cold entree 
8. Shorbet 
9. Roast 
10. Salad and vegetable 
11. Sweet dish 
12. Savory dish 
13. Dessert. 


  • Susunan menu modern
Selain menu klasik, ada juga menu modern. Susunan menu modern merupakan penyederhanaan dari menu klasik menjadi enam sampai yang paling sederhana, terdiri dari tiga course.
  
1. Susunan menu enam course: 
- cold appetizer 
- soup 
- hot appetizer 
- fish entree 
- main course 
- dessert. 

2. Susunan menu lima course: 
- cold appetizer 
- soup 
- hot appetizer 
- main course 
- dessert. 

3. Susunan menu empat course: 
- cold appetizer 
- soup 
- main course 
- dessert. 

4. Susunan menu tiga course: 
- appetizer 
- main course 
- dessert. 

No comments:

Post a Comment