Saturday, March 10, 2018

MACAM MACAM RESTAURANT DAN MINUMAN NYA



      


         Menurut peraturan Menteri Kesehatan RI No. 304/Menkes/Per/89 tentang persyaratan rumah makan adalah jenis usaha jasa pangan yang dilengkapi dengan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan, penyimpanan dan penjualan makanan dan minuman bagi umum di tempat usahanya, karena itu kita harus tahu pasti bagaimana mengelolanya, bagaimana cara membuat tamu-tamu senang dan puas sehingga mereka selalu berkeinginan untuk menjadi langganan restoran kita

Pengertian nightclub : tempat yang terbuka larut malam dan yang menyediakan hiburan ( sebagai penyanyi atau penari ) dan makanan dan minuman biasanya juga terdapat klub musik

         MACAM MACAM NIGHTCLUB

Night Club/Super Club : adalah suatu restoran yang pada umumnya mulai dibuka menjelang larut malam, menyediakan makan malam bagi tamu-tamu yang ingin santai. Dekorasinya mewah, pelayanannya megah.


Pub : pada mulanya merupakan tempat hiburan umum yang mendpat izin menjual minuman bir serta minuman beralkohol lainnya. Para tamu mendapatkan minumannya dari counter (meja panjang yang membatasi dua ruangan). Pengunjung dapat menikmat; sambil duduk atau berdiri. Hidangan yang tersedia berupa snack seperti pies dan sandwich. Sekarang kita bisa mendapatkan banyak hidangan pengganti di pub.

Discotheque : ialah suatu restoran yang pada prinsipnya berarti juga tempat dansa sambil menikmati alunan musik. Kadang-kadang juga menampilkan live band. Bar adalah salah satu fasilitas utama untuk sebuah discotheque. Hidangan yang tersedia umumnya berupa snack.

Restaurant adalah tempat usaha komersial yang lingkup kegiatan nya melayani tamu dan menyediakan pelayanan makanan dan minuman di tempat usahanya

    

      Macam macam restaurant

A’la Carte Restaurant :  adalah restoran yang mendapatkan izin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banyak variasi dimana tamu bebas memilih sendiri makanan yang mereka inginkan. Tiap-tiap makanan di dalam restoran ini memiliki harga sendiri-sendiri.

Table D ‘hote Restaurant : adalah suatu restoran yang khusus menjual menutable d’hote, yaitu suatu susunan menu yang lengkap (dari hidangan pernbuka sampai penutup) dan tertcntu, dengan harga yang telah ditentukan pula.

Coffe Shop atau Brasserei : adalah suatu restoran yang pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat dimana tamu biasanya berhubungan dengan hotel, suatu tempat dimana tamu bias mendapatkan makan pagi. makan siang dan makan malam secara cepat dengan harga yang cukupan. Pada umumnya system pelayanannya adalah dengan American service dimana yang diutamakan adalah kecepatannya. Ready on plate service, artinya makanan sudah dtatur dan disiapkan diatas piring. Kadang-kadang penyajiannya dilakukan dengan cara buffetatau prasmanan.

Cafelaria atau Cafe : adalah suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake (kue-kue), sandwich (roti isi), kopi dan teh. Pilihan makanannya terbatas dan tidak menjual minuman beralkohol.

 Canteen : adalah restoran yang berhubungan dengan kantor, pabrik, dan sekolah, tempat dimana para pekerja atau pelajar biasa mendapatkan makan siang ataucoffe break, yaitu acara minum kopi disertai makanan kecil atau selingan jam kerja, jam belajar ataupun dalam acara rapat-rapat dan seminar.

Continental Restaurant : suatu restoran yang menitik beratkan hidangan continental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah. Suasananya santai, susunannya agak rumit, disediakan bagi tamu yang ingin makan secara santai.

Carvery : adalah suatu restoran yang berhubungn dengan hotel dimana para tamu dapat mengisi sendiri hidangan panggang sebanyak yang mereka inginkan dengan harga hidangan yang sudah ditetapkan.

Dining Room : terdapat dihotel kecil, motel atau inn. merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis dari pada tempat makan biasa. Dining room pada dasarnya disediakan untuk para tamu yang tinggal di hotel itu, namun yang terbuka bag! para tamu dari luar.

Fish and Chip Shop : ialah suatu restoran yang banyak terdapat di Inggris, dimana kita dapat membeli macam-macam kripik (chips) dan ikan goreng, biasanya berupa ikan Cod, dibungkus dalam kertas dan dibawa pergi . jadi rnakanannya tidak dinikmati di tempat itu.

Grill Room (Rotisserie) : adalah suatu restoran yang menyedikan bermacam-macam daging panggang. Pada umumnya antara restoran dengan dapur dibatasi dcngan sekat dinding kaca sehingga para tamu dapat memilih sendiri potongan daging yang dikehendaki dan melihat sendiri bagaimana memasaknya. Grill roomkadang-kadang disebut juga sebagai steak house.

 Inn Tavern : ialah suatu restoran dengan harga cukupan yang dikelola oleh perorangan di tepi kota. Suasananya dibuat dekat dan ramah, dengan tamu-tamu. Sedangkan hidangannya lezat-lezat.

Snack Bar/Cafe/Milk Bar: adalah semacam restoran cukupan yartg sifatnya tidak resmi dengan pelayanan cepat dimana para tamu mengumpulkan makanan mereka diatas baki yang diambil dari atas kounter dan kemudian membawanya kemeja makan. Para tamu bebas memilih makanan yang disukainya. Makanan yang disediakan biasanya adalah hamburger, sausages dan sawhvich.

Specialitiy Restaurant: adalah restoran yang suasana dan dekorasi seluruhnya disesuaikan dengan tipe khas makanan yang disajikan atau temanya. Restoran semacam ini menyediakan masakan Cina, Jepang, Italia dan sebagainya. Pelayanannya sedikit banyak berdasarkan tatacara negara tempat asal makanan spesial itu.

Terrace Restaurant: adalah suatu restoran yang terletak di luar bangunan, namun pada umumnya masih berhubungan dengan hotel maupun restoran induk. Di negara-negara barat pada umumnya restoran tersebut hanya buka pada waktu musim panas saja.

Gourmet Restoran: ialah suatu restoran yang menyelenggarakan pelayanan makan dan minum untuk orang-orang yang berpengalaman luas dalam bidang rasa makanan dan minuman. Keistimewaan restoran ini ialah makanan dan minumannya yang lezat-lezat, pelayanannya megah dan harganya cukup mahal.

Family Type Restaurant: ialah suatu restoran sederhana yang menghidangkan makanan dan minuman dengan harga tidak mahal, terutama disediakan untuk tamu-tamu keluarga maupun rombongan.

Main Dining Room: ialah suatu restoran atau ruang makan utama yang pada umumnya terdapat di hotel-hotel besar. dimana penyaji makanannya secara resmi, pelan tapi masih terikat oleh suatu peraruran yang ketat. Servisnya biasa menggunakan pelayanan ala Perancis atau Rusia. Tamu-tamu yang hadirpun pada umumnya berpakaian resmi atau formal.

·        MACAM MACAM MINUMAN / BEVERAGE
Beverage yang dihidangkan dibar terbagi atas 2 golongan yaitu:
1. Non Alkoholic beverages
2. Alcoholic beverages

                                                      
Non Alcoholic beverages

Jenis minuman ini tidak mengandung alkohol dan dapat dibagi menjadi beberapa jenis lagi, yaitu :

1.     Mineral Water

        Minerak water adalah air yang mengandung mineral dan berasal dari dalam tanah (bumi) biasanya diolah, dibersihkan, disterilkan maupun melalui proses-proses lainnya, setelah melalui beberapa proses maka siap dipasarkan baik dalam botol, plastik, dan gelas.
        Beberapa diantaranya ditambahkan dengan CO2 yang berfungsi sebagai pengawet atau menambah lehih segar.
Beberapa merk:
• Aqua
• Appolinaris
• Perrier
• Zetspa
• Spa water
• Evian
• Vichy saint
• Poland water
• Selater

2. Artificial mineral water
        Artificial mineral water adalah minuman yang tidak beralkohol dibuat mirip/ meniru sifat2 mineral water dan biasanya diberi bahan/aroma tertentu serta diawetkan dengan CO2 ( carbon dioxide)

Jenis minuman inipun masih dibeda-bedakan lagi menjadi beberapa macam yaitu:
:: Soda Water
Bahan dasarnya adalah air mineral dan diberi CO2
:: Cola
Berbahan dasar air dan diberi gula, kayu manis (cinamon), coklat, diawetkan dengan CO2
:: Tonic Water
Bahan dasarnya adalah air dan diberi kina, diawetkan dengan CO2.
:: Seven Up
Bahan dasarnya adalah air, diberi gula, extract lime dan lemon, diawetkan dengan CO2
:: Bitter Lemon
Bahan dasarnya adalah air diberi gula, kina, extract lemon, diawetkan dengan CO2
Pabrik-pabrik yang terkenal memproduksi jenis-jenis minuman ini adalah:
• The coca cola company
• Canada Dry
• Royal Crown Cola
• Pepsi
• Green Spot
• Schweppes
• Tarax
• C & C

2.Juice

        Juice adalah sari buah-buahan atau cairan yang diperoleh dengan memeras buah-buahnya.
Juice yang umumnya tersedia dibar adalah:
• Orange
• Lime
• Grapefruit
• Guava
• Lemon
• Tomato
• Pineapple
• Markisa
• Cranbbery
• Etc

4. Squash dan Crushed
                                                            
        Jenis minuman ini adalah campuran soda water, juice dan kadang-kadang ditambah dengan simple syrup, yang dibuat dipabrik dan dibotolkan disebut crushed, sedangkan yang dibuat di bar biasanya disebut squash.
Beberapa squash yang lazim dibuat dibar antara lain:
• Orange squash
• Lime squash
• Lemon squash
Kadang – kadang orang meyebutnya dengan nama lemonade, limeade.

5. Syrup
                                                            
        Syrup adalah cairan yang kental/pekat dan berkadar gula yang sangat tinggi, disediakan dibar untuk bahan membuat minuman campuran (mixed drink)
Syrup yang lazim disediakan di bar :
• Simple syrup (sugar syrup)
• Grenadine syrup ( dengan flavor pomegrande/delima)
• Honey
• Gomme Syrup
• Strawberry Syrup
• Etc

Alcoholic Beverage

Alcholic beverage adalah suatu cairan yang dapat diminum dan berkadar alkohol antara ½ % hingga 75%.
Alkohol adalah suatu cairan yang diperoleh dengan cara proses hasil dari fermentasi (peragian) gula yang dicairkan.
                                    
Alkohol ini dinamakan Ethyl Alcohol
Proof adalah ukuran kadar alkohol,
Ada 2 macam proof, yaitu american dan british
1 U.S. proof = ½ % alkohol
8 U.S. proof = 7 british proof.
        Alkohol beverages sangat banyak jenisnya, dan sangat banyak variasi proses pembuatannya, yang bisanya dilakukan dengan tradisi lokal dimana minuman tersebut berasal dan dibuat.

Beer
Beer adalah minuman beralkohol hasil fermentasi malt, cereal dan diberi aroma/flavor hops.Malt dibuat dari grain, cereal dibuat dari beras atau jagung.Hops adalah sejenis bunga yang dikeringkan, bunga ini banyak terdapat digerman.

Proses pembuatan beer pada dasarnya adalah sebagai berikut:
        Air, malt, cereal dan hops direbus/dimasak dalam ketel, suhu dipertahankan pada titik 80 oC, hingga terjadi proses penggulaan, yaitu keluarnya zat gula dai malt dan cereal.
Setelah kadar gula mencapai suatu jumlah tertentu, maka suhu dinaikkan menjadi 100 oC, dan proses penggulaan akan berhenti yang selanjutnya cereal tersebut di beri ragi (yeast) maka terjaldilah proses peragian (fermentasi)
        Proses fermentasi akan terjadi selama kira2 10 hari, pada proses ini gula akan berubah menjadi alkohol dan gas yaitu CO2. Jika hops dicampur lebih banyak maka akan merangsang atau meningkatkan kadar alkohol.
Jika kadar alkohol sudah mencapai jumlah tertentu maka suhu diturunkan menjadi 2 C, pada suhu ini proses fermentasi terhenti.
        Kemudian cereal atau bubur bening disaring dengan cara diputar (gaya centrifugal) sehingga butiran – butiran tepung akan melekat didinding container dan cairannya yang bening beserta ragi akan berada di tengah, selanjutnya ragi dipisahkan maka cairan beer yang baru akan disimpan (aging proses/di umurkan) proses aging akan berlangsung selama 1 bulan atau lebih, setealh semua proses ini selesai maka beer siap dibotolkan adn dipasarkan.


Macam – macam Beer 

1. Light beer
        Beer ini berkadar alkohol 2% - 4% dibuat dengan bahan dasar cereal dan tepung barley.

2. Ale.
        Jenis ini mempunyai kadar alkohol lebih tinggi dari jenis light, serta menggunakan lebih banyak hops, warnanya lebih gelap. Bahan dasarnya cereal dan aromatic malt.

3. Large
Jenis beer yang diumurkan lebih lama.

4. Stout
        Kadar alkohol stout lebih tinggi, kurang dari 14% warnanya sangat gelap, sehingga banyak orang menyebutnya beer hitam.Bahan dasarnya aromatic malt dengan banyak menggunakan hops dan diberi warna dengan caramel (gula yang digosongkan)

5. Sake
        Sake disebut juga rice wine. Dibuat dengan bahan dasar rice (beras) dengan proses fermentasi berganda (re - fermentasi).
        Tahap pertama adalah memasak bubur beras tersebut seperti membuat nasi tim diragikan. Proses ini berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Tahap yang kedua adalah dengan menambahkan beras, air dan ragi kepada hasil pemasakan pertama, sehingga berlangsung proses fermentasi yang kedua selama kurang lebih dari sepuluh hari, setelah kedua proses ini selesai maka cairan yang terjadi melalui dua proses diatas disaring.Kadar alkohol sake adalah 12% - 14%.Beberapa sake cara menghidangkannya dengan cara dipanaskan.
        Air merupakan faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap mutu beer, di cekoslovakia ada sebuah kota bernama pilsner yang secara alamiah memiliki kwualitas air yang sangat baik untuk membuat beer, sehingga beer yang bagus mutunya sering disebut pilsner beer.

Beberapa merk beer yang terkenal :
• Indonesia : Bintang, Bali Hai, Anker
• Philipina : San Miguel
• Singapore : Tiger, Anchor
• Japan : Kirin, Sapporo, Asahi
• Australia : Swan, Foster, Victorian Bitter
• New zeland : Leopard
• Netherland : Heneiken, Amstel
• German : Beck, Lowenbrau
• Denmark : Tuborg, Calsberg
• U.K. : Guinness
• U.S.A. : Budweiser, MGD miller, Michelob

        Beer diperdagangkan dan dikemas dalam botol, kaleng/can, dan vat (draught),untuk beer yang dalam kemasan draught rasanya lebih segar karena CO2 yang terkandung didalamnya selalu terkontrol dengan baik.


Wine
                                                
        Wine adalah minuman beralkohol hasil dari fermentasi sari buah anggur (grape) yang dimasak atau diolah sesuai dengan tradisi dan cara – cara lokal dimana wine tersebut dihasilkan.
        Wine sangat banyak macamnya, untuk membedakan kita harus membuat suatu klasifikasi yang sistematis.


Wine klasification

1. Menurut kadar alkoholnya (proses pembuatan)
• Natural wine
• Sparkling wine
• Champagne
• Fortified wine
• Aromatic wine

2. Menurut warnanya
• White wine
• Rose wine
• Red wine
• Sparkling wine
• Champagne

3. Menurut rasanya (kadar gulanya)
• Brut or Nature (very-very dry)
• Extra sec (very dry)
• Sec (Dry)
• Demi sec (sweet)
• Doux (very sweet)

4. Menurut fungsinya (kegunaan)
• Aperitif wine
• Dinner wine
• Dessert wine
• Sparkling wine
• Champagne

5. Menurut aroma/ flavournya
• Light bodied
• Medium bodied
• Full bodied


No comments:

Post a Comment